Selasa, 19 November 2013

Mengenal Percetakan Offset



Percetakan sebetulnya banyak macamnya, ada percetakan sablon, Printing dan offset. Pada kesempatan kali ini akan sedikit bercerita tentang proses pada Cetak offset.

Mungkin banyak yang bertanya bagaimana sebetulnya proses yang terjadi pada mesin cetak sehingga bisa menghasilkan gambar / hasil cetakan demikian bagus. Kenapa mesin yang kotor itu -- kotor kena olie pelumas maksudnya --  bisa menghasilkan cetak berwarna seperti cover buku yang sering kita baca?

Percetakan offset adalah salah satu teknikpercetakan yang banyak digunakan, di mana gambar /tulisan bertinta di-transfer terlebih dahulu dari plat ke lembaran karet, lalu ke permukaan yang akan dicetak. Ketika dikombinasikan dengan proses litografi, yang berdasarkan pada sifat air dan minyak yang tidak bercampur, maka teknik offset menggunakan sebuah pemuat citra yang rata (planographic) di mana citra yang akan dicetak mengambil tinta dari penggulung tinta (ink rollers), sementara area yang tidak dicetak menarik air, menyebabkan area yang tak dicetak bebas tinta.

Proses di atas menggambarkan satu proses untuk mencetak satu warna. Sedangkan untuk mencetak berwarna / fullcolour proses cetak di ulang sampai empat kali, karena cetakan full colour terdiri dari cetak warna cyan, magenta, yellow dan black.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

About Us

Recent

Random